Friday 13 July 2012

GIMIH

Kampung gue walaupun tersuruk dan jauh berada di pedalaman sumatera barat sana.. tapi punya banyak cerita dan MAKANAN.. nah lo kok makanan, ya iya lah.. MAKANAN.. secara gi thu lho. di kampung gue  ada makanan unik, terbuat dari kerang laut, sedap dan gurih.. tapi awas.. ( lo kok pake awas..) mo tau..!! kenapa awas, gue juga bingung ni,,. kenapa awas.. hua ha ha ha..

ok kita mulaiya tentang cerita makananya...!!



di kampung gue kan ada makanan yang sangat enak dan gurih, wuih, sapapun yang makan pasti ketagihan dan kecanduan, tapi awas klo lo lagi sial, pas lagi makan ntuh makanan, pasti bilang.. " cuih.... paan ni.. pasir semua..!!!!

nah lo..!!

ini ni yang bikin ngak enaknya,  ngak jarang cuy.. isinya pasir semua,, mang lo mau makan, makanan yang ada pasir,..!! nama makannya GIMIH. yang berasal dari kerang laut yang idup di pinggir pantai.. ( liat poto ya, biar paham..)

mo bikin sop Gimih, gulai Gimih, bakar Gimih ato apa aja, tserah.. tapi tetep aja krendalanya cuma satu.. PASIR..
nah gimana coba, mo makan makanan tapi isinya pasir semua, bingungkan, klo di paksain memakannya yang ada malah kita kena usus buntu, kebanyakkan makan Pasir.

udah nyari gimihnya capek, karena mereka idup di ujung-ujung ombak, jadinya kita musti lari-larian mengejarnya, karena dia muncul waktu ombak lagi surut, klo ombak datang dia ilang kedalam tanah.. kegiatan yang cukup seru bagi kami anak-anak kampung berburu mencari Gimih. karena kami harus berburu dengan kecepatan ombak datang dan sebelum gimihnya kembali masuk kedalam tanah. tidak jarang acara berburu gimih ini kami sampai ke desa sebelah dengan berlari-lari sepanjang bibir pantai

tapi klo gue mah lain sendiri, "kreatif sendiri" dari pada capek-capek lari-lari mengejar gimih, gue mencarinya pake jari, jadi pas pasang surut, ombak kan surut jauh tuh agak ketengah laut, jadi ada banyak lubang-lubang kecil kek pori-pori pasir gitu, nah gue cakar-cakar deh disitu, asli.. gue sering dapat banyak mencari gimih dengan cara kek gini.. karena lubang" kecil bekas gelembung itu adalah bekas udara gimih.. tapi cara ini masih jarang di lakukan orang kampung gue.. ngak tau kenapa..!!

sudahlah mencari gimihnya capek tapi seru, pas masaknya, udah ngabisin alat-alat dapur, giliran makannya... "uuueeeeeek...!!" pasir semua.. ( klo lagi sial ). tapi tetep aja kami makan, walau krek-kerek sikit ada pasirnya.. makan aja.. kuahnya enak kok..!!

gue pernah di unjukkin sama orang, katanya buat menghilankan pasirnya, rendam dulu Gimihnya selama dua hari, trus aduk-aduk, pas dia lagi keluar dari sarang nya,, rendamnya tetep pke air laut. tipsnya sih mang bener, keren gue ikutin semuanya.. gue aduk-aduk ampe gue gotong-gotong air laut klerumah gue.
tapi tetp aja..

pas di makan, masih ada pasirnya, walaupun ngak banyak dan cuma atu-atu, tapi pas kita lagi makan trus ada yang ke gigit " krek..!!" ah ngak peduli.. tetp aja di telan ada pasir-pasirlah, makan aja.. kan cuma sekali-kali, pasirnya enak kok rasa sop.. ( muntah-muntah deh lo, gue udah sering muntah kok sama Gimih )

makan gimih mang enak, apalgi sop Gimih, gurih dan sedap, ada pasir tetp telan aja, beginilah kami anak kampung pesisir, makan pasir udah biasa malah pasirnya di bikin sop, tapi kami tetep bangga menjadi anak kampung, kreatif dan Narsis, dan kami ngak mengganggu kedamaian kampung orang lain kok, kami cukup iduh dan bahagia, tertawa dan menciptakan dunia kami
 ORO-ORO UJUANG LABUANG..
inilah gaya kami anak desa ujung labung

1 comment: