Monday 24 May 2021

Menambang lebaran dan game online

gak berasa musim lebaran udah  berlalu aja ni.. 
ya.. klo kata anak-anak sih,.. lebaran itu habis nya ketika sekolah udah mulai.
tapi ya.. tetap aja, sekarang itu musim lebaran cepat berlalu.. lebaran itu cuma dua hari sesuai kalender merah, besoknya udah adem ayem aja..
biasanya anak-anak juga paling getol mau kesana kemari.. eh.. sekarang.. pada ngadem aja.
ketika di tanya. kalian pada gak main keluar ni.. eh mereka jawab.. "main kemana mister.. jalanan di tutup polisi, objek wisata di tutup.. mau kemana lagi.." pantasan.. pada diam-diam semua, gak ada yang minta jalan-jalan keluarga sama orang tuanya.
 
sepintas... sore-sore saya lihat anak-anak kampung ujung labung naik omprengan rame-rame... sambil bawa alat-alat perang mereka.. jam 6 an ntuh anak-anak udah pada balik lagi.. "hei.. kalian kemana..? nyewa mobil e?"
"kedalam mister.. ke PT.. sampai ke masang segala" jawab nya
"ha. " gua cengok. "Kok .. ke dalam?" secara mereka nyewa mobilnya bukan ke luar ke jalan raya tapi ke kampung sebelah yang semakin ke pedalaman.
"iya.. klo kami keluar.. banyak polisi, mereka menangkap pistol-pistolan kami.. klo ke dalam kan gak ada polisi" jawab mereka berkilah..
"Wuiduh..." 
"Tapi banyak kok.. anak-anak di dalam.. jadi kami tetap bisa main perang-perangan" jawab mereka sambil ketawa.

yah.. secara permainan, main pistol-pistolan agak brutal sih, karena bisa mencederai.. terutama klo kena mata. 
dari tahun ke tahun permainan ini makin di tinggalkan anak-anak saya lihat... hanya sedikit anak-anak yang membeli pistol-pistolan di banding tahun sebelumnya.

tapi... makin kesini.. anak-anak makin gak karu-karuan saya lihat, bayangkan dua hari mereka bergereliya dari rumah ke rumah niat nya silaturahmi sambil dapat uang sebagai salam lebaran.. mereka langsung berkumpul dan menghitung penghasilan.. Taraa.... mereka bersorak-sorak dan ketawa-ketawa dengan hasil yang mereka dapat.. karena si anu dapat segini,, si itu dapat paling banyak. heboh dah..

selanjutnya adalah pemandangan.. yang nyelekit. mereka berbondong-bondong ke kounter pulsa.. tujuan nya cuma satu.. membeli Diamond game online. Freefire atau mobile Legend. uang-uang yang mereka dapatkan dengan bangga mereka belikan untuk diamond-diamond tersebut. dan selanjutnya.. suara carut-carut.. mampus kau, anji***, tolol. berserakkan keluar dari mulut-mulut mereka.. di jamin.. klo dekat-dekat sama anak-anak yang lagi main online bikin emosi mendegar mereka bercarut-carut pungkang tersebut.

ini nih.... gak di kasih THR lebaran di tagih terus dan di kejar-kejar mereka, di kasih THR habis dengan gak jelas, untuk Game Online. bagi sebagian orang ini wajar dan tidak masalah.. tapi bagi saya dan orang-orang yang sepemahaman, ini masalah.. karena dampak buruk game online itu sangat besar, dan membuat candu. bahkan makin kesini, sudah banyak anak-anak yang nekat mencuri, bahkan barusan keluar di TV ada anak sampai membakar rumah karena enggak dapat uang di rumah tetangganya hanya karena ingin membeli Diamond Game online.

menurut saya kontrol orang tua terhadap handphone juga sangat berpengaruh besar.. tapi orang tua mana juga yang berani menyita handphone anaknya di kampung ini... mau kena carut-carut pungkang anaknya.. #eh...

No comments:

Post a Comment