Thursday 27 May 2021

Peternak Sapi

Peternak sapi
 
Peternak sapi.. Aamiin.
 
Ha ha ha.. sebenarnya ini tulisan gua buat sebagai pengingat aja sih, biar engak lupa dengan ke adaan di depannya, jadi nantinya bisa buat sebagai pengingat, makanya gua menulis di blog ini, kadang tulisan di blog ini Absurd banget.. enggak jelas tulisan maksudnya apa, tapi ya tetap aja gua tulis, kadang bisa jadi senyum-senyum sendiri kalau membacanya.
 
Nah.. beberapa hari ini, gua mulai melakukan sesuatu hal, bisa di bilang usaha atau pekerjaan atau apalah istilahnya.. yang pasti ada sebuah impian di dalamnya.. gua senang banget tuh.. mengerjakan sesuatu, terus di dalamnya ada sebuah impian yang ingin gua capai atau ingin gua dapatkan dalam hal yang gua kerjakan itu.. karena tanpa sengaja ada banyak impian lain kita yang tanpa sengaja kita raih ketika kita melakukan sesuatu itu... belibet ah ngomongnya.
 
Sebenarnya gak terlalu wah sih.. soal nya sudah jadi sesuatu yang rutin di lakukan masyarakat di kampung, dan gua tinggal di kampung, jadi gak wah yang gua lakuin kalau di kampung ini mah..
 
Nah.. bagi sebagian orang gak wah.. bagi gua mah.. wah.. pake banget lagi. Soalnya kita gak kemana-mana dan waktu terpakai dan berjalan ya tetap begitu aja setiap hari.. kalau kita gak melakukan sesuatu di kampung ini, ya gak bakalan bisa jadi apa-apa, atau gak bisa berbuat apa nantinya.
Jadinya.. perlahan-lahan gua investasi tuh gaji gua, beli Jawi alias Sapi, sudah beranak, dan sekarang hamil lagi induknya. Waktu itu gua masih bujang, yah.. beli sapinya juga susah-susah gampang, setelah di bantu kawan, gua berhasil membeli indukan, dan gua kasih nama Si Amek.
 
Nah sekarang gua udah berkeluarga.. jadi gua bilang tuh sama istri gua mo beli Sapi, tapi mengembalakannya bukan di dekat rumah, tapi di dekat perkebunan, kita punya modal tu buat beli indukan,, oalah.. rencana mo beli sapi sebelum puasa, tapi karena gua agak-agak takut ngomong sama yang punya sapi.. jadinya… enggak jadi di beli.
Baru setelah lebaran, atas saran dan desakan teman-teman, gua beranikan ngomong sama tuh bapak yang punya sapi.. dan Al hamdulillahnya.. dia welcome banget.. malah gua ya di tunjuk ajar kan, perihal sapi dan sistem dalam cara-cara jadi peternak sapi. “kita ini di sini, bukan pengembala sapi, tapi peternak sapi namanya”dan akhirnya ntuh bapak ngomong banyak.. gua dengar dan ho oh setiap mendengar dia ngomong.. gimana mau jawab dan membantah.. semua omongan nya isi semua. Setelah menghadap secara takut-takut.. ntuh bapak menyuruh gua datang ke tempat dia berternak sapi besoknya, sambil memperlihatkan beberapa indukan sapi di poto hape nya.
 
Besoknya gua datang.. oalan.. terlambat, indukan yang di lihatkan si bapak tadi malam di Hpnya sudah laku, di borong orang, gua agak terlambat datang sekitar setengah jam, dan si bapak berfikir gua enggak jadi beli sapi“yah gimana lagi pak. Sabar ajalah, sampai lebaran haji” kata gua.. karena dia menyarankan gua untuk membeli indukan setelah lebaran haji. Gua tetap bertahan di sana, sambil melihat sapi-sapi yang bergerombol-gerombol lewat di depan gua.
Setelah ngobrol ngalor-ngidul sesama peternak sapi di sana, tetiba si bapak ngomong.. “oh iya, ada anak sapi, di sana, yok kita lihat” kata si bapak, gua langsung Ho oh dan naik ke motornya, dia menunjuk sapi, masih gadis kecil sapinya.. katanya sambil menyebut harga, “tapi kurang bagus sih ini” lanjut si bapak itu.. nah lo.. hmmm.. si bapak mengajak gua kembali ke tempat berkumpul tadi, sesampai di sana dia bilang ke abang-abang di sana, “Bro.. antar si mister dekat sapi, adik si gombak..!” kata si bapak pada si bro, si bapak turun dari motornya dan si bro bergegas naik.
Si bro meng gas motor meliuk-liuk dalam perkebunan dan sampai pada sekelompok sapi, ia menunjuk satu indukan sama anaknya. Induknya bermuka hitam berbadan gemuk, sepertinya lagi hamil. Si induknya langsung berjalan ke arah gua dan mencium gua, Si Bro ketawa.. karena dia dari tadi berceloteh tentang anak sapi yang berjalan dengan induknya itu, si anaknya melihat gua lalu cuek pergi. Kami kembali ke perkumpukan tadi.
“wah.. jadi nampaknya ni pak.. si mister aja.. langsung di cium sama nya tadi” kata si Bro laporan. “gimana mister. Ok kan ajalah lagi.. kalo rancak kata apak ini.. insya Allah rancak sapi nya mah”lanjut si Bro.
Gua tersenyum aja..
“karena masih kecil, dan si mister beli sapi buat indukan di sini, apak jual 6,5 jt, klo di jual keluar ni.. apak tak mau di jual kurang dari 8Jt” kata si bapak. Gua ketawa..
Gua enggak berani nawar, di samping gua udah banyak tahu, si bapak bakal enggak mau sapinya di tawar, terus, dia pasti akan kasih harga sangat murah kalo untuk indukan, berbeda kalau dia jual untuk di potong atau keluar perkebunan, si bapak akan menjual sesuai harga sapi di pasaran. “yo lah.. apak kasih waktu dua hari buat mikir. Kalo enggak deal dua hari ni, berarti batal”lanjut si bapak.
 
Malam itu gua sibuk, dan baru malam senin nya gua ke rumah bapak itu, itupun setelah di desak oleh kengkawan dan peternak sapi yang lain.
Sambil membawa uang 6,5 juta gua ke rumahnya.. tapi apa yang terjadi.. si bapak mengajak gua duduk di terasnya.. omongan motivasi macam orang tua pada anak, atau macam mamak kepada keponakan meluncur kencang dari si mulut bapak.. omonganya daging semua oi.. rugi mah klo enggak di simak.. saya termasuk orang yang sangat takut dekat-dekat dengan orang yang disiplinnya tinggi, dan si bapak ini displinnya sangat tinggi.. karena itu.. sudah satu bulan lebih gua baru berani menghadap si bapak.. padahal.. gua mau beli lho.. tapi tetap aja gua agak takut.. ternyata.. setelah ngobrol dengan si bapak,,. orangnya sangat care banget.. terutama pada yang muda-muda.. dia sangat suka dan senang melihat para bujang atau yang muda-muda sudah memikirkan tentang masa depan walaupun hidup di kampung.
 
“kalau di kampung ni, minimal kita punya indukan 4, itu minimal.. tapi kalau untuk di dalam perkebunan.. minimal indukkan itu 16 ekor, kalau sudah 16 ekor.. berenti ajalah waang kerja lai..” kata si bapak. Gua diam sambil ho oh ho oh.. menyimak nya, sesekali menimpali omongannya walaupun gak penting juga jawaban gua..
“klo 16 ekor, sudah bisalah buat hidup, tapi belum bisa bikin kaya, tapi bisa lah buat beli motor bagus, kalau punya indukan lebih 20.. sudah bisa beli mobil lah dalam dua tahun, atau bikin rumah langsung jadi..”si bapak membuat perkalian, 20 ekor beranak 16 ekor setahun, kali bodoh saja dengan 10 juta sudah berapa duit.. 360juta.. berarti gaji kita sehari 1 juta..  bla.. bla… gimana gak seru tuh obrolan. Yi ha…
 
Cukup banyak petuah dan trik yang di ajarkan si bapak, sudah dua malam ngobrol sama si bapak.. obrolannya daging semua. Bikin panas.. si bapak ngaku punya indukan lebih dari 160 ekor sekarang.. dan kengkawan lain bilang si bapak punya lebih 400 ekor sapi sekarang… tapi klo kita ke rumahnya, rumahnya biasa aja, gak ada yang wah.. enggak ada mobil, katanya klo mo beli bisa.. tapi biarlah.. hidup sederhana aja.. lebih nyaman katanya.
 
Yang bikin seru itu… di sini, kita kerjanya cuma dua jam, dari jam 4 sampai jam 6, karena setiap sore itu sapi-sapi harus di kumpulkan ke basecampe sapi yang sudah di tetapkan dalam perkebunan ini, hanya itu lah jam kerja kita.. selebihnya kita santuy aja.. begitulah si bapak terus menerus bercerita.. gua menyimak dengan planga-plongo.. si bapak memberikan Tips harian… “klo kita mo cari tambahan buat belanja harian, caranya… waang pergi keluar, terus ada nampak orang jual sapi, atau nampak sapi, coba tawar, sapi di luar tu murah-murah, karena kurus-kurus, terutama pejantan, asal sehat.. angkut saja, harga 6 juta, 7 juta, 7,5 juta, angkut.. kita pelihara di sini, setahun atau dua tahun, atau 8bulan, harganya akan naik.. karena di dalam mereka akan gemuk, rumput banyak. Tadinya kita beli 8 juta, 8 bulan kita pelihara bisa jadi 12 juta. Klo ada 6 ekor, Kan bisa buat biaya hari-hari kita mencari sapi tiap sore ni”kata si bapak menceritakan Tips ringan nya.. iya siap pak.
 
Dan akhirnya malam senin itu, minggu tgl 23 mei 2021 gua deal beli sapi, dan si bapak malam itu mentasbihkan saya sebagai peternak sapi.. Aamiin.. sambil terus memberikan tips tambahan.. “pokoknya kalau ada yang mau I***** terima saja, jangan di tolak, kecuali kalau sapi kita sudah terlalu banyak, tapi rugi kita menolak, toh kita juga akan tetap mencari sapi tiap sore”kata si bapak sambil salaman deal pembelian sapinya.
Gua pamitan sambil bilang.. “pak.. apak ingat-ingatkan aja mister nanti, apak ajari… insya Allah akan awak ikutkan kata apak..”si bapak tersenyum.. “Iya.. harus banyak belajar waang !” jawab nya.
 
Sepulang dari sana gua jumpa sama kawan.. yang sudah punya sapi di perkebunan.. “habis ni.. cari I***** biar cepat berkembang mister, kalau itu aja, kapan berkembangnya, nunggu dua tahun itu”kata dia. Yah.. omongan kawan ni mirip kata si bapak tadi.
 
Eh.. wadidaw.. gua beli sapi hari minggu tanggal 23 mei, gua enggak muncul-muncul di kawasan perkebunan, baru hari rabu gua muncul tanggal 26 mei 2021. gimana mo jadi pengusaha sapi ni.. ha ha ha..
 
Di jalan sebelum ke perkebunan, gua jumpa sama si bapak.. dan menanyakan perihal sapi gua yang dua ekor lagi belum di bawa ke perkebunan. “iya pak.. minggu ini sibuk, minggu depan saya bawa,” kata gua.. 
 
sesampainya di kawasan peternakan sapi, gua bilang sama si bapak, kalo selasa sama kamis gua enggak bisa ke pekebunan.. soalnya melatih bola sorenya.
“enggak papa.. asalkan setiap ada waktu luang, langsung ke sini, gak enak pula sama yang lain, mereka semua meng arak sapi, masak kita enggak”kat si bapak memberi saran sekaligus mengingatkan.
“Iya pak.. SIAP PAK..!” kata gua..
 
Peternak sapi.. 
 
mister si tukang Pataranak Jawi… Aamiin.
 

1 comment: